Tuesday, March 26, 2019

PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (AUD)


CONTOH PERKEMBANGAN KOGNITIF AUD


No
Tanggal Pelaksanaan
Pengembangan Kognitif
Stimulasi
Respon Siswa
1
14 Maret 2019
1.      Auditory
Menirukan suara binatang
Anak- anak mendengarkan terlebih dahulu sebelum menirukan suara binatang yang dicontohkan gurunya, dalam kegiatan ini anak sangat antusias dan bersemangat setelah mereka menirukan suara binatang yang dicontohkan guru mereka sangat kreatif untuk menirukan suara- suara binatang lain yang mereka ketahui tanpa diberi contoh.
2.      Visual
Meniup balon
Dalam kegiatan ini anak- anak ada yang sudah bisa meniup balon sendiri ada yang belum bisa, dalam kegiatan ini anak bisa mengamati sebuah balon yang tadinya kempes setelah ditiup menjadi besar,dan ukurannya berubah, anak juga bisa membedakan warna sesuai dengan warna balon yang mereka miliki. 
3.      Taktil
Bermain plastisin
Setiap anak pasti suka bermain plastisin, mereka akan mengeksplor pengetahuan mereka dan mencoba membuat sesuatu dari plastisin tersebut, akan tetapi tidak semua anak seperti itu, ada juga anak yang males bermain plastisin.
2
18 Maret 2019
4.      Kinestetik
-          Memegang pensil
Anak usia dini masih harus di ajari cara memegang pensil yang benar, setelah mereka bisa memegang pensil biarkan mereka menggunakan imajinasi mereka beri mereka kertas dan biarkan mereka membuat coretan- coretan sederhana.

-          Menggunting bebas
Kegiatan menggunting merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak paud, mereka akan penasaran dan bertanya pada guru kegunaan menggunting, sebelum kita melakukan kegiatan menggunting sebagai seorang guru harus memberi tahu bahaya dari gunting tersebut, jadi anak tidak sembarangan menggunakannya.
3
19 Maret 2019
5.      Aritmatika
Mengurutkan angka
Kegiatan ini dilakukan anak paud dengan bantuann majalah, anak- anak bisa mengurutkan angka dari 1-10 kemudian akan membentuk sebuah gambar, ketika anak tidak urut maka gambarnya tidak sesuai yang di inginkan. Anak sangat senang ketika mereka belajar hal baru, kenalkan pada anak angka 1-10 dulu.
6.      Geometri
Mengurutkan dan mengelompokkan benda sesuai bentuk dan warnanya
Anak- anak paling senang bila diberi mainan, mereka akan mengeksplor pengetahuan mereka, anak sudah bisa mengelompokkan benda sesuai dengan warna dan bentuknya.

4 Desember 2018
7.      Saintifik
Melakukan kegiatan cooking class
Anak sangat senang ketika diajak melakukan cooking class, mereka sangat penasaran apa yang akan mereka buat, mereka bisa mengamati dan meneliti cara membuat pizza. Sebelum kegiatan membuat pizza anak- anak diajarkan untuk menjaga kebersihan degan cara mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan.


















Cara membuat bootable usb (usb installer) untuk menginstal Windows 7, 8, 10 dan 11 menggunakan aplikasi Rufus

Jika Anda ingin membuat bootable USB drive untuk menginstal Windows 7, 8, 10, dan 11, Anda dapat menggunakan aplikasi Rufus. Rufus adalah ap...