Friday, May 5, 2023

Cara download lagu mp3 dari youtube menggunakan python

 Python adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk berbagai macam pengembangan aplikasi, termasuk mengunduh musik atau lagu dari Youtube dalam format mp3. Di bawah ini, kita akan membahas cara download mp3 dari Youtube menggunakan Python:

  1. Instalasi library pytube Pertama-tama, pastikan kamu telah menginstal library pytube dengan menggunakan pip. Kamu bisa membuka terminal dan mengetikkan perintah "pip install pytube" untuk menginstal library tersebut.

  2. Membuat script Python Setelah selesai menginstal library pytube, buatlah script Python dengan menggunakan editor atau IDLE Python yang kamu miliki. Di sini, kita akan membuat script untuk mengunduh video dari Youtube dalam format mp3 dengan menggunakan link atau URL dari video tersebut. Berikut adalah contoh scriptnya:

    python
    from pytube import YouTube

    # Membuat objek YouTube dan mendapatkan informasi video

    video_url = input("Masukkan URL video Youtube: ")
    youtube = YouTube(video_url)
    video_title = youtube.title

    # Mendapatkan stream dengan format mp4 dan mengunduhnya

    stream = youtube.streams.filter(only_audio=True).first()
    stream.download()

    # Mengubah format mp4 menjadi mp3

    import moviepy.editor as mp
    video = mp.AudioFileClip(video_title+".mp4") video.write_audiofile(video_title+".mp3")

    # Menghapus file mp4 yang sudah tidak diperlukan

    import os os.remove(video_title+".mp4")
    print("Video berhasil diunduh dalam format mp3!")
  3. Menjalankan script Python Setelah selesai membuat script Python, jalankan script tersebut di terminal atau IDLE Python dengan menekan tombol F5 atau mengetikkan perintah "python namascript.py" pada terminal. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan link atau URL video Youtube yang ingin kamu unduh. Setelah kamu memasukkan link tersebut, script Python akan secara otomatis mengunduh video dalam format mp3 dan menyimpannya di folder yang sama dengan script Python.

Dalam kesimpulan, menggunakan Python untuk mengunduh musik atau lagu dari Youtube dalam format mp3 cukup mudah dengan menggunakan library pytube dan beberapa library tambahan seperti moviepy. Dengan menggunakan Python, kamu dapat mengotomatisasi proses unduhan musik atau lagu dari Youtube sehingga dapat menghemat waktu dan usaha.

No comments:

Post a Comment

Cara membuat bootable usb (usb installer) untuk menginstal Windows 7, 8, 10 dan 11 menggunakan aplikasi Rufus

Jika Anda ingin membuat bootable USB drive untuk menginstal Windows 7, 8, 10, dan 11, Anda dapat menggunakan aplikasi Rufus. Rufus adalah ap...